Ulasan Copyright tentang Fan Game



Video ini membahas tentang status fan game sekarang terhadap hokum. Video yang berjudul Game Theory: My Fan Game is a CRIME?! (17:44) dibuat oleh Matthew Patrick dari The Game Theorists membahas tentang perbedaan hukum pada abad 20 dan abad 21 terhadap video game yang dikeluarkan. Video ini dikeluarkan dengan format hiburan agar dapat menjangkau lebih banyak orang

Pada akhir abad 20, video game mulai menjadi sesuatu yang dimiliki masyarakat umum, walaupun masih hal sangat baru. Saat hukum tentang publikasi belum tertata secara solid, maka pada waktu itu, hal yang ditetapkan adalah ide sebuah game tidak dapat dipatenkan, melainkan ekspresi dari game tersebutlah yang dapat diberi hak cipta. Hal ini didukung dengan penggunaan pemeriksaan ekstrinsik, dimana orang-orang di badan hokum menganalisis satu per satu bagian dari game yang ada, lalu menentukan secara objektif apakah melanggar hak cipta. Contoh kasus yang cukup besar adalah permainan Street Fighter vs Fighter's History, yang merupakan 2 game yang hamper sama persis, hanya berbeda pada gambar (artstyle) yang digunakan. pada kasus itu, Capcom GAGAL menuntut karena walaupun banyak hal yang sama, bentuk ekspresi mereka akan isi game tersebut berbeda.

Pada abad 21 sekarang, video game sudah lama menjadi bagian dari hidup masyarakat luas, dan jumlah game yang keluar juga sudah berkembang secara eksponensial. Karena itu, hukum yang mengikat hak cipta media ini juga menjadi jauh lebih ketat. Salah satu buktinya adalah, dimana dulu pengecekan dilakukan dengan pemeriksaan ekstrinsik, sekarang yang dilakukan adalah peeriksaan intrinsik, dimana hukum ditentukan oleh masukan masyarakat luas. Contoh kasus yang bersangkutan adalah kasus Triple Town vs Yeti Town, dimana kedua game tersebut secara objektif sangatlah berbeda, tetapi karena banyaknya komen yang ditemukan di internet menyamakan mereka, maka pada kasus itu, Triple Town BERHASIL menuntut Yeti Town untuk hak cipta.

Viedo ini bukanlah video informasi yang biasa, tetapi menggunakan format hiburan untuk memberikan informasi ke masyarakat luas, dan karena formatnya, bukan hanya orang hokum saja yang dapat mengerti, tetapi bahkan orang yang tidak mengerti hokum pun dapat mengerti setidaknya hal-hal ini.

Github Account : carash
URL Ulasan : http://kopkopkopkopkop.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-copyright-tentang-fan-game.html
URL Video : https://youtu.be/TiYEKDQZ5sk (17:44)
Video Author : The Game Theorists
Pemetaan: week01
Revisi-1 : 20-05-2017
Revisi-2 : 20-05-2017

Comments

Popular Posts